Tuesday 3 November 2015



Semangat pagi sobat blogger, jangan bosan yah dengan postingan saya hhehe. Disini saya bakal membahas sedikit mengenai animasi dan bakal memberikan tutorial yang simple dan sederhana tapi bisa menambah wawasan kita mengenai animasi tentunya.
Pengertian Animasi
Animasi adalah gambar bergerak yang terbentuk dari beberapa objek yang disatukan menjadi sebuah project yang disusun sesuai dengan alur yang telah ditentukan oleh seorang animator. Postingan kali ini saya akan membuat tutorial mengenai animasi mobil berjalan namun dengan menggunakan tombol action yang nantinya di tombol-tombol tersebut akan sedikit kita beri script yang nantinya script tersebut yang akan mengatur aktivitas dari mobil yang nantinya dibuat. Disini saya menggunakan alat bantu untuk membuat animasi yang sederhana ini yaitu dengan "Macromedia Flash 8".
Pengertian Macromedia
Macromedia Flash 8 adalah salah satu program aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat sebuah karya animasi, seperti film-film kartun yang tidak sedikit dibuat dengan menggunakan macromedia flash 8. Berikut tutorial cara membuat animasi mobil berjalan dengan memanfaatkan tombol action. Langsung saja saya akan mempraktekkan bagaimana cara membuat animasi mobil berjalan dengan menggunakan tombol action, yaitu:
1. Pertama-tama siapkan aplikasi untuk membuat animasi tersebut tentunya dengan menggunakan macromedia flash 8, buka aplikasi tersebut.
2. Setelah itu tentukan ukuran layar untuk nantinya bisa kita sesuaikan dengan design tentunya, di sini saya mengatur ukuran lebar 1200px dan tinggi 500px. Seperti berikut ini:



3. Setelah itu buatlah 4 layer untuk nantinya bisa kita buat objek, layer pertama untuk gedung, layer ke-dua untuk jalan, layer ke-tiga untuk mobil dan layer ke-empat untuk tombol. Seperti berikut ini:



4. Setelah itu buatlah design gedung dan pohon seperti berikut ini dan tempatkan pada layer gedung, seperti berikut ini:



5. Kemudian buatlah jalan untuk nantinya bisa dilalui oleh mobil, tempatkan pada layer jalan. seperti berikut ini:


6. Kemudian buatlah mobil untuk nantinya bisa kita jadikan objek utama dari project kita. Seperti berikut ini:

7. Selanjutnya klik kanan pilih convert symbol pada mobil dan pilih movie clip pada tampilan yang sudah muncul seperti berikut ini:



8. Selanjutnya double klik kembali pada gambar mobil untuk masuk ke scene 1. Pada scene 1 telah tersedia 1 layer kosong, ganti nama layer tersebut dengan kata CAR, CEPAT dan LAMBAT. Seperti berikut ini:



9. Kemudian pada layer CAR klik kanan insert keyframe pada garis 100. Kemudian pilih create motion tween. Seperti gambar berikut ini:



10. Langkah selanjutnya klik kanan insert keyframe pada layer CEPAT di garis 100, selanjutnya klik kanan kembali pilih insert keyframe pada garis 125. Seperti gambar berikut ini:



11. Pastikan kursor anda terletak pada tengah-tengah layer CEPAT garis 100 dan 125, kemudian klik kanan pilih create motion tween. Seperti gambar berikut ini:



12. Kemudian pada layer LAMBAT klik kanan pada garis 2 pilih insert keyframe, seperti tampilan berikut ini:



13. Pada tombol LAMBAT pilih keyframe dan pada pada frame bagian bawah ketikkan "LAMBAT", seperti berikut ini:



14. Selanjutnya pada layer LAMBAT garis 100 klik kanan insert keyframe seperti gambar berikut ini:



15. Langkah selanjutnya masih di layer LAMBAT pada garis ke 125 klik kanan insert keyframe. Seperti gambar berikut ini:



16. Kemudian langkah selanjutnya kembali pada scene 1, fokus pada TOMBOL, buatlah gambar bola dengan warna merah, hijau dan biru. klik kanan pilih convert simbol, pilih movie klip dan oke. lakukan secara berulangan untuk 3 tombol tersebut.



17. Setelah selesai pada layer CAR pojok kiri bawah tulis kata "MOBIL". Seperti berikut ini:



18. Pada TOMBOL merah untuk berhenti klik kanan action dan tuliskan script berikut ini:



19. Lanjut, double klik kembali pada gambar mobil dan pada layer LAMBAT ketikkan script berikut ini:



20. Lanjut, double klik kembali pada gambar mobil dan pada layer CEPAT ketikkan script berikut ini:



Nah simpel kan kawan, untuk lebih jelasnya bisa langsung di praktekkan deh, kalau kurang jelas bisa tanya kembali. Semangat selalu sobat blogger :))
Berikut hasilnya, kalian bisa mengklik tombol merah untuk berhenti, hijau untuk kecepatan sedang, dan biru untuk sangat cepat.

3 comments :

  1. bro bisa kirim programnya lagnsung ke email ?

    ReplyDelete
  2. Keren tapi kayaknya terlalu Rumit ya Mas Bro???

    www.d-vranit.blogspot.com

    ReplyDelete