Sunday 18 October 2015


Semangat pagi sobat blogger, rasanya bagai sayur tanpa garam jika belum absen untuk berbagi ilmu sedikit entah itu hanya beberapa paragraf tulisan saja sih hhehe. Kali ini penulis bakalan bahas sedikit mengenai mata kuliah yang kemarin sempet saya pelajari apalagi kalau bukan mengenai multimedia yang saat ini banyak menjadi bahan perbincangan di dunia pembelajaran khususnya. karena multimedia dianggap sebagai media pembelajaran yang ampuh untuk menarik minat belajar para mahasiswa maupun siswa.
Waktu itu tepatnya hari rabu tanggal 7 Oktober 2015 pukul 08.00 perkuliahan multimedia dimulai, namun seperti biasa, bisa dibilang saya hadir kurang tepat waktu hehhe. Namun walaupun kehadiran saya tidak ontime, perkuliahan dimulai sekitar pukul 08.15 jadi saya pun tidak ketinggalan materi multimedia yang waktu itu disampaikan oleh  salah satu dosen yang multitalent di kampus. Waktu itu merupakan pertemuan pertama saya dan teman-teman setelah sekian lama tak berjumpa karena kami tengah sibuk magang. Jadi materi yang disampaikan pun masih dasar. Walaupun masih dasar saya bakal memberikan resume sedikit nih. Apasih pengertian multimedia dan apa sa
Multimedia berasal dari kata multi yang berarti bermacam-macam atau banyak dan kata media yang berarti media dimana media tersebut dapat dipergunakan untuk menyampaikan sesuatu. Jadi Multimedia adalah suatu sarana (media) yang didalamnya terdapat kombinasi antara teks, video, suara dan animasi dalam sebuah aplikasi komputer yang interaktif. 
- Kemudian untuk sistem multimedia dibagi menjadi 3 yaitu:
  • Element/ Media
  • Sistem
  • Distribusi
Untuk Elemen/ Media meliputi berbagai macam unsur. sebagai contoh grafik, vidio, suara, animasi dan teks.
Kemudian untuk sistemnya yaitu dimana proses pengolahannya membutuhkan bantuan sistem, untuk itu diperlukannya media asset authoring frame work tools 
Sedangkan untuk Distribusinya, sebuah multimedia dibuat pasti dengan tujuan, untuk pendistribusiannya pasti juga membutuhkan alat bantu. Untuk pendistribusiannya bisa meluiputi CD/ DVD, melalui jaringan juga bisa meliputi streaming, web page, kemudian ada client server
- Kemudian untuk Komponen Multimedia itu terbagi menjadi beberapa bagian, dan bagian tersebut saling berkesinambungan satu dengan yang lain. Diantara komponen tersebut yaitu:
  1. Media, Namanya saja multimedia jika tidak ada media maka tidak akan bisa jalan apa yang dinamakan multimedia itu sendiri.
  2. Strorage Media, Media penyimpanan merupakan salah salah hal pokok yang penting untuk dunia multimedia karena tanpa adanya media penyimpanan makan tidak akan jalan juga arti dari multimedia itu sendiri.
  3. Navigasi
  4. Hardware
  5. Interaktif, sebuah multimedia harus interaktif, jika sebuah multimedia tidak bisa interaktif maka bisa dibilang mutimedia tersebut gagal untuk mencapai sebuah tujuan.
  6. Dinamis
  7. Terintegrasi 
Semua komponen tersebut saling berkesinambungan satu dengan yang lain, multimedia merupakan gabungan dari beberapa komponen yang saling membutuhkan dan dibutuhkan satu dengan yang lain.
- Element Multimedia meliputi sebagai berikut:
  1. Teks, teks merupakan susunan huruf yang membentuk suatu makna dan mampu dipahami oleh pembaca.
  2. Grafik, grafik merupakan paparan visual atau gambar yang tidak bergerak, seperti foto, lukisan dan ilustrasi.
  3. Animasi, animasi merupakan paparan visual yang bersifat dinamis, disinilah proses suatu objek diolah agar bisa terlihat hidup.
  4. Bunyi/ Suara, merupakan element multimedia yang dapat didengar
  5. Video, video merupakan element multimedia yang paling dinamis dan realistis
- Hasil dari Multimedia,Untuk hasil dari multimedia itu sangat bermacam-macam, diantara hasil-hasilnya yaitu:
  1. Web
  2. Multimedia Interaktif
  3. Virtual Reality
  4. Multimedia Pembelajaran
  5.  Game Interaktif 
- Untuk perangkat lunak multimedia berdasarkan element-element yang ada, diantaranya yaitu:
  1. Bahasa pemrograman multimedia: Assembly, C++, SQL, Visual Basic dll
  2. Perangkat Lunak Sistem Multimedia: Linux, Windows, Mac
  3. Perangkat Lunak Multimedia:merupakan aplikasi-aplikasi yang dibuat personal atau perusahaan untuk user ynag beroperasi yang bergerak dalam bidang yang spesifik.
  4. Teks :Ms. Word, Abi Word
  5. Animasi: Toon Boom, Flash Swift
  6. Grafik: Corel Draw, Freehand, Potoshop
  7. Audio: DJ Audit
  8. Video: Ulead Video Editing, Premier
- Presentasi Multimedia ada 3:
  1. Card Based:Dirancang menyerupai halaman-halaman buku atau majalah, Terdapat links antar halaman hypermedia. Sebagai contoh: Hypercard, Toolbook, www/ html
  2. Even Based: Presentasi di kendalikan berdasarkan kejadian, misalnya dengan menekan tombol kemudian sistem akan merespon, diperlukan script dan authoring tools
  3. Time Based : presentasi berjalan berdasarkan waktu yang telah ditentukan, presentasi berjalan urut, paralel dan sinkronisasi, contoh film kartun, introduction.
- Element pendukung dari multimedia itu sendiri yaitu:
  1. Objek
  2. Layout
  3.  Dimensi Temporer
  4. Interaksi Pemakai
  5. Logika Aplikasi
Nah itu tadi sedikit pengetahuan yang penulis dapat dari awal perkuliahan semester 5 nih, sahabat blogger saling berbagi ilmu, berbagi pengetahuan. sampaikanlah ilmu itu walaupun hanya sekalimat, jangan pernah ilmu itu hanya berhenti di satu tempat, so mari berbagi untuk ilmu yang luas :))

1 comment :