Wednesday 19 August 2015



Semangat untuk beraktivitas sahabat blogger, postingan kali ini kita bahas sedikit mengenai Seni. Berbicara mengenai seni, Indonesia merupakan salah satu Negara yang banyak memiliki beraneka macam seni, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat banyak, sekali masyarakat yang tidak mengetahui akan kebudayaan sendiri bahkan seiring dengan perkembangan zaman tersebut seni ataupun kebudayaan daerah semakin luntur terlebih saat ini anak-anak sudah banyak mengenal teknologi yang memiliki pengaruh besar terhadap dunia pendidikannya.Nah sahabat blogger, penulis bakal membahas sedikit mengenai seni yang terdapat di Indonesia yaitu seni pewayangan di Indonesia. Nama yang tidak asing lagi di telingan para pecinta kesenian Indonesia yang merupakan karya seni daerah dan saat ini sudah melegenda bahkan sudah mendunia. Wow sebagai anak Indonesia tentunya bangga dong dengan prestasi tersebut, yah…walaupun kemaren sempet terdapat konfliknya sih heheh tp lupakan.Dalam pertunjukan pewayangan dibutuhkan unsur-unsur yang menunjang kelangsungan dalam pertujukannya. Apa saja sih yang terdapat dalam pentas seni wayang kulit? Ada dua unsur utama yang terdapat dalam pertunjukan dalam seni pewayangan yaitu unsur benda hidup dan unsur benda mati.Unsur benda hidup itu terdiri dari:1. Dalang adalah orang yang memainkan karakter-karakter tokoh pewayangan dalam pentas seni tesebut. Dimana dalang harus mengatahui persis alur cerita yang nantinya melekat pada karakter masing-masing tokoh pewayangan.
2. Waranggana adalah orang yang menyayikan lagu-lagu jawa untuk mengiringi pentas seni pertunjukan pewayangan. Biasanya waranggana itu identik dengan wanita orang jawa menyebutnya dengan pesinden.
3. Panjak adalah orang-orang yang memainkan alat musik jawa atau biasa disebut dengan memainkan gamelan.
4. Penyimping adalah orang-orang yang membantu dalang dalam menyiapakan wayang yang nantinya dimainkan dalam pentas seni pewayangan. Tugas dari penyimping harus menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan oleh dalang.
Mereka semua harus memiliki keahlian khusus dibidangnnya masing-masing. Karena bila meraka tidak memiliki keahlian khusus maka pentas seni pewayangan tidak akan berjalan sempurna.Kemudian unsur benda mati terdiri dari:1. Wayang kulit
2. Gamelan
3. Kelir
4. Debog
5. Blencong
6. Kotak
7. Cempolo
Unsur-unsur tadi harus ada dalam pentas pewayangan yang dimainkan oleh dalang.Setelah mengetahui unsur-unsur yang terdapat pada pentas seni pewayangan, kita sebagai regenerasi muda memiliki kewajiban untuk terus melestarikan kesenian Indonesia dan mengembangkannya menjadi lebih baik tanpa menghilangkan unsur asli kesenian Indonesia.









0 comments :

Post a Comment