Tuesday 9 June 2015


Indonesia terkenal dengan berbagai macam suku, budaya dan makanannya khas daerahnya. Faktor utama yang sangat sangat berpengaruh di dunia kuliner tentunya rasanya, factor kedua lokasinya dan factor ketiga yang tidak kalah pentingnya yaitu kreativitas seorang penjual yang sangat diperlukan untuk meningkatkan minat pengunjung. Dari sekian banyak makanan khas daerah yang ada, untuk saat ini penulis tertarik dengan kuliner yang satu ini yaitu “Soto Bathok”. Tahukah Anda mengenai makanan khas daerah yang satu ini? Berbeda dari soto pada umumnya yang disajikan dengan mangkuk terbuat dari bahan porselen atau keramik yang mudah pecah. Untuk Soto Bathok ini cara penyajiannya pun sangat unit yang disajikan sesuai dengan namanya “Bathok” yang berasal dari tempurung kelapa.
Aroma Bathok kelapa menambah nikmatnya soto yang satu ini, nuansa jawa yang kental menambah kenikmatan tersendiri. Selain itu namanya yang unik dan rasanya yang lezat mampu menarik minat pengunjung untuk segera menikmatinya. Aroma kuah kaldu ayam dengan taburan daun seledri mampu menggugah selera makan para pecinta dunia kuliner.

Cara memasaknya pun juga masih menggunakan cara lama untuk mempertahankan cita rasa yang khas, yaitu dimasak dengan kuwali yang besar dan dengan tungku api yang sedang. Hal itu dilakukan untuk mempertahankan aroma kaldu ayam dan rempah-rempahnya agar tetap kuat. Ditempat ini menawarkan berbagai macam olahan khas jawa diantaranya yaitu gudeg jawa, oseng-oseng, sayur lodeh, rica-rica dan masih banyak lagi makanan yang tersedia ditempat ini. 
Di tempat ini Anda bisa makan Soto Bathok sambil lesehan yang dapat menampung jumlah orang yang banyak, tetapi ada juga meja dan kursi untuk 3-6 orang per meja. Soto Bathok ini berisi nasi putih, daging ayam dipotong kecil-kecil, toge, taburan daun seledri dan disiram dengan kuah kaldu ayam yang panas. Dari segi rasa tidak perlu diragukan lagi, rasanya yang gurih sangat menggoyang lidah.


Untuk masalah harga, tidak akan menguras kantong Anda karena harga per porsi dari soto bathok ini hanya Rp. 4.000,- murah bukan? Harga menu lainnya pun juga murah, jadi tidak perlu khawatir dengan urusan kantong. 
Bagi Anda para penikmat kuliner jangan lupa mampir untuk mencicipi kuliner yang satu ini. Berikut daftar harga serta alamatnya. 
  • Alamat            :Mranggen Rt 3, Ngemplak, Donohudan, Boyolali 
  • Phone             :085728376855 
  • Jam Buka       :08.00 WIB – 02.00 WIB
  • Harga Soto     :Rp. 4.000,- 
  • Es Teh            :Rp. 2.000,- 
  • Gorengan        :Rp.500,-



2 comments :

  1. Mantap mbak, kayaknya enak nih perlu dicoba :D

    ReplyDelete
  2. wa ini mantap , kalau soto batok di solo harganya 10ribu..kayaknya disini jauh lebih murah cuma 10ribu dapat semuanya :)

    ReplyDelete