Monday 29 June 2015


Pembeli adalah raja sebutan yang sangat pas untuk postingan kali ini sahabat netter. Penulis kali ini akan share sedikit mengeni Customer Relationship Management atau biasa disebut dengan CRM. Apa sih CRM itu???
CRM adalah strategi yang sangat terintegrasi  dengan melakukan pendekatan baru antara pembisnis dengan pelanggan sehingga dapat meningkatkan hubungan baik dengan pelaggan tanpa ada yang merasa dirugikan satu sama lain.>>Komponen yang terdapat pada CRM yaitu:1.      Manusia
Manusia menjadi komponen utama yang harus ada dalam CRM. Tanpa adanya manusia tidak akan ada yang namanya Customer Relationship Management . Sebagai contoh pembisnis/ karyawan dengan pelanggan. Disini Pembisnis karyawan memiliki peran penting karena merekalah yang melakukan aktivitas/ kegiatan CRM dan pelanggan menjadi focus utama dalam kegiatan CRM.
2.      Proses
Karena pelanggan menjadi focus utama, maka pembisnis/ karyawan harus ekstra sabar dalam menghadapi pelanggan. Terkadang pembisnis/ karyawan sudah antusias menawarkan beberapa produk namun tak jarang banyak pelanggan yang kurang tertarik dengan apa yang ditawarkan itu mungkin pembisnis/ karyawan kurang menerapkan strategi CRM. Disini pembisnis/ karyawan harus pintar-pintar memanfaatkan peluang pasar yang ada, dimana pembisnis/ karyawan harus mampu mengidentifikasi pelanggan melalui prospek. Pelanggan harus merasa diperhatikan layaknya seorang customer sebagai raja.   Tentunya pembisnis/ karyawan harus interaktif dengan pelanggan, namun jangan sampai membuat pelanggan merasa ilfeel artinya jangan lebay, seorang pembisnis/ karyawan harus mampu beradaptasi dan memposisikan dirinya.3.      Teknologi
Seiring berkembangnya jaman yang semakin maju teknologi sangat mempengaruhi kehidupan peradaban umat manusia. Disini teknologi memiliki peranan terhadap CRM. Yaitu membangun database pelanggan mulai dari awal pelanggan mengetahui bisnis kita hingga terjadi transaksi. Kemudian menganalisa seberapa sering pelanggan tersebut melakukan transaksi. Dan selanjutnya yaitu teknologi memiliki pengaruh dalam aktivitas penjualan.Sahabat netter tentunya harus paham tujuan dengan adanya CRM sebelum mengenal lebih jauh. Disini CRM memiliki beberapa tujuan:1.      Memperoleh pendapatan yang lebih atau minimal tetap
2.      Mendapatkan customer3.      Mengetahui karakteristik customer yang nantiya bisa menjadi pelanggan tetap kita
4.      Mempertahankan customer yang menguntungkan
5.      Mengembangkan customer yang nantinya bisa menguntungkan untuk bisnis kita
6.      Untuk beradaptasi antara pembisnis dengan customer>>Manfaat Customer Relationship Management (CRM) bagi pembisnis diantaranya yaitu:1.      Meningkatkan pendapatan
2.      Meningkatkan loyalitas antara pelanggan dengan customer3.      Membawa produk lebih cepat ke pasaran melalui informasi dari customer
4.      Mengurangi resiko turunnya kualitas pelayanan
5.      Penjualan atau pelayanan dengan biaya lebih murah dengan pemasaran yang lebih spesifik dan terfokus.
Customer Relationship Management memang sangatlah penting dalam dunia bisnis, apalagi bagi kita pembisnis yang biasa menangani customer yang biasanya rewel hhehe, mudah-mudahan postingan diatas bisa bermanfaat. Selamat menerapakan Customer Relationship Management

0 comments :

Post a Comment