Tuesday 24 November 2015


Semangat pagi sobat blogger, masih semangat bukan? Untuk terus berkarya dengan apa yang kita punya???harus terus semangat tentunya, jangan kalah dengan orang-orang sudah terlebih dahulu sukses hhehe, kalau mereka bisa sukses, kenapa kita tidak. Nah, sobat blogger postingan kali ini saya bakal berbagai sedikit mengenai tutorial bagaimana cara membuat kipas dengan memanfaatkan alat bantu yaitu macromedia flash 8. Postingan sebelumnya sudah membahas sedikit mengenai pengertian macromedia flash 8, nah sedikit tutorial mengenai script action. Nah kali ini saya bakal ngeshare sedikit mengenai bagaimana cara membuat kipas dengan seperangkat tombol-tombolnya.
1. Langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu menyiapkan lembar kerja untuk nantinya kita gunakan untuk membuat objek kita.



2. Selanjutnya buat 5 layer utama. Bg, kipas, action, keluar dan label.



3. Kemudian lakukan untuk pembuatan desain background layar sesuai dengan kemauan, di sini saya memberikan warna pada background pada layer bg dengan warna abu-abu. Dan jangan lupa buatlah design kipas sesuai dengan kreatifitas masing-masing.



4. Langkah selanjutnya yaitu double klik pada design kipas maka anda akan memasuki scene 1. Langkah yang harus anda lakukan yaitu dengan membuat body, tombol, cepat, lambat, label dan action seperti berikut ini.



5. Kemudian pada layer tombol insert keyframe dan buatlah 3 tombol seperti berikut ini dengan warna merah, kuning dan hijau. Untuk membuat satu tombol jangan lupa untuk di convert to symbol button, maka anda akan secara otomatis masuk dalam layer baru dan pada up bisa di copy pada over dan down. Lakukan langkah tersebut untuk button hijau dan kuning.


 
6. Kemudian pada layer cepat pada keyframe yang ke 45 di insert keyframe dan pada 60 juga kita insert keyframe dan di motion tween. Seperti berikut ini.



7. Selanjutnya pada layer lambat keyframe yang ke 2 di insert keyframe dan pada 44 juga di insert keyframe dan di motion tween. Seperti berikut ini.



8. Kemudian pada layer label baris ke 2 insert keyframe pada label bagian bawah tuliskan kata lambat seperti berikut.



9. Selanjutnya pada layer label baris ke 45 insert keyframe dan insert frame pada baris ke 60 pada label bagian bawah tuliskan kata cepat seperti berikut.



10. Selanjutnya pada layer action baris pertama insert keyframe dan tuliskan script berikut pada action :
 stop( );
11. Selanjutnya pada layer action baris ke 45 insert keyrame dan pada action tuliskan script berikut: gotoAndPlay("lambat");
12. Selanjutnya pada layer action baris ke 60 insert keyframe dan pada action tuliskan script berikut : gotoAndPlay("cepat");
13. Kembali pada menu utama kita pertama kali kita masuk tadi, yang terdiri dari 5 layer tadi pada layer action tuliskan script berikut:
fscommand("allowscale",false);
fscommand("fullscreen",true);
fscommand("showmenu",false);
fscommand("trapallkey",true);

14. Pada layer keluar insert keyframe dan buatlah design button minimal seperti berikut ini.



15. Seperti yang pernah kita lakukan sebelumnya insert keyframe dan tuliskan script berikut pada action label keyframe pertama:
stop();
16. Kemudian pada insert keyframe pada baris ke 2 sampai 10 dan jangan lupa di motion tween. Dan selanjutnya pada label ke 2 bagian bawah tulis dengan kata gelap seperti berikut.



17. Dan pada baris ke 10 klik kanan action dan tuliskan script berikut ini.
fscommand("quit", true);
18. Nah dan langkah terakhir jalankan program, selamat mencoba. Semoga sukses :))


 
Semoga sedikit tadi bisa nsaling berbagi informasi sedikit sobat. Jangan sampai ilmu itu berhenti pada diri kita saja, so yuk share pengalaman ilmu yang kita punya kali ini )

3 comments :


  1. tutorialnya sudah bagus, ada baiknya klo blog ini dikembangkan. kombine dengan kehidupan sehari hari, kuliah, hobby dan jangan lupa lakukan blogwalking, siapa tau suatu saat bloggnya bisa menghasilkan rupiah kayak punya saya :) http://dsukmana.wordpress.com (coba cek dan komentari ya)

    Tugasnya kok belum lengkap?

    ReplyDelete

  2. tutorialnya sudah bagus, ada baiknya klo blog ini dikembangkan. kombine dengan kehidupan sehari hari, kuliah, hobby dan jangan lupa lakukan blogwalking, siapa tau suatu saat bloggnya bisa menghasilkan rupiah kayak punya saya :) http://dsukmana.wordpress.com (coba cek dan komentari ya)

    Tugasnya kok belum lengkap?

    ReplyDelete