Tuesday 14 April 2015


The Legend of Donoloyo
Terletak di desa Watusono, Kecamatan Slogohimo, 40 kilometer dari kota Wonogiri, Jawa Tengah. Di balik pepohonannya yang hijau nan damai ternyata tersimpan sejarah legenda dari hutan ini. Di dalam hutan donoloyo tersebut terdapat pohon peninggalan jaman majapahit, 700 tahun yang lalu.
Donoloyo merupakan nama pendiri desa di kawasan tersebut, yakni Ki Ageng Donoloyo, anggota laskar Kerajaan Majapahit saat dipimpin oleh Raja Airlangga. Beliau mengabdi untuk kerjaan majapahit, sehingga memutuskan untuk menetap di tempat itu dan menanam pohon jati di tempat tersebut dengan tujuan agar jati tersebut bisa dimanfaatkan untuk kerajaan majapahit.
Konon, banyak peristiwa aneh terjadi menyangkut Alas Donoloyo. Seperti cerita awal mula digunakannya jati Donoloyo untuk pembangunan Masjid Demak, yakni akibat ada bayangan ujung pohon jati Donoloyo yang kelihatan di Demak, meskipun jaraknya sangat jauh hingga puluhan kilometer. Menurut warga sekitar Ki Ageng Donoloyo masih disitu, selalu menjaga kawasan tersebut. Karena dari dulu hingga kini, belum diketahui dimana letak makam sang legendaris majapahit ini.
Kondisi hutan donoloyo sendiri masih terjaga keasriannya, karena dijaga oleh keturunan ki Ageng Donoloyo khususnya di area punden. Masyarakat biasa menyebutnya sang juru kunci Donoloyo. menjelang Hari Jumat Pon dan Jumat Kliwon, karena pada hari itu banyak masyarakat datang memberikan sesajen. Alas Donoloyo dipercaya bisa membantu mengabulkan setiap permintaan seseorang, jika memang mereka melakukan ritual di tempat ini.
Mari sebagai warga yang baik, harus sadar terhadap lingkungan. Tidak hanya sang juru kunci yang menjaganya namun kita sebagai masyarakat yang peduli akan lingkungan wajib mempertahankan dan melestarikan cagar buadaya kita. Save Hutan Donoloyo :)

4 comments :

  1. Kalo objek wisata yg gantole tu daerah mana kak? Ada petanya?😀

    ReplyDelete
  2. tepatnya di desa sendang, kecamatan wonogiri.
    Peta Lokasi : Taman Rekreasi ini letaknya di Selatan Kota Wonogiri (7 Km) bisa ditempuh dengan waktu sekitar 25 menit dengan kondisi jalan mulus.

    ReplyDelete
  3. belum pernah ber wisata ke wonogiri..kapan kapan dosennya di ajak.. :D

    ReplyDelete
  4. Baiklah pak, monggo-monggo mampir deh ke kota gaplek haha

    ReplyDelete